• Penyerahan Bantuan

Beberapa hari yang lalu tim kecil Bumi Cendekia Ilmu berangkat ke Desa Loli untuk menyalurkan bantuan. Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dari para donatur di berbagai tempat. Bantuan yang telah didistribusikan berupa pakaian layak pakai, sembako dan dana tunai. Tim kecil kami disambut dengan gembira oleh warga pengungsian di Desa Loli. Meskipun jumlah bantuan tidak mencukupi untuk semua pengungsi, namun distribusi bantuan dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa keributan.

Desa Loli merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Donggala yang terdampak parah pasca bencana 28 September 2018. Gempa dengan skala 7,4 yang mengguncang Palu menyebabkan gelombang tsunami dahsyat yang memporakporandakan desa Loli dan sekitarnya. 95% rumah penduduk rata dengan tanah, hancur diterjang tsunami. hanya Masjid dan tiga rumah di sebelah masjid yang selamat dari amukan tsunami, selebihnya habis terseret ombak.

Hampir semua penghuni desa Loli, pada saat pembagian bantuan, tinggal di tenda-tenda kamp pengungsian. Mereka mengandalkan keberadaan dapur umum untuk mengatasi kebutuhan logistik sehari-hari. Rencana penutupan Dapur umum pada tanggal 28 Nopember membuat sebagian warga was-was akan kebutuhan makanan mereka. Tim Bumi Cendekia Ilmu sampai saat ini masih menggalang dana untuk pembelian peralatan masak yang diperuntukkan bagi para pengungsi, salah satunya Desa Loli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *