Tawadlu’

Hari ini, menurut jadwal, mestinya saya membuat tulisan tentang pendidikan. Ingin hati mengetik, tapi pikiran ini tidak mau diajak kompromi untuk sejenak mengikuti tarian jari-jari. Walhasil, apa yang saya ketik ini hanya berupa jari-jari yang menari dengan tidak dilandasi pikiran utuh. Maka jikalau ada kekurangan, itu karena penulis sendiri, bukan atas nama Bumi Cendekia Ilmu.

Sebenarnya ada yang membuat pikiran ini berkecamuk, tidak ada permasalahan serius sebenarnya, Cuma dari tadi otak ini terputar-putar pada satu kata. “tawadhu’”. Sebuah kata yang selama ini diartikan sebagai tingkat kepatuhan seseorang kepada orang lain, bisa jadi kepada orang yang lebih tua, bisa juga kepada orang tua, bisa juga kepada teman sebaya yang memiliki kelebihan atau bisa juga kepada Guru. Di sisi lain, tawadhu’ seringkali juga diartikan sebagai totalitas kepatuhan (lebih…)

Pendidikan di Kota Palu

Kota Palu memiliki banyak mutiara pendidik yang telah berjuang memerdekakan masyarakat Sulawesi Tengah dari Buta Aksara, baik Al Quran maupun latin. Para tokoh pendidikan tersebut menyebarkan pendidikan melalui berbagai cara seperti dakwah, halaqah, pesantren dan madrasah. Khusus penyebaran pendidikan melalui madrasah, terkenal seorang tokoh pendidikan di Palu yang bernama Sayyid Idrus bin Salim AlJufrie, atau yang terkenal dengan sebutan GURU TUA. Beliau salah seorang ulama Hadramai yang menyebarkan pendidikan sejak tahun 1930 melalui madrasah AlKhairaat. Guru Tua merupakan pendiri sekaligus penyebar pendidikan Islam di Sulawesi Tengah.

(lebih…)

Jasa Pembuatan Website

Dunia internet sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Dengannya kita dipermudah dalam berbagai hal. Internet saat ini dimanfaatkan tidak hanya sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga media komersil, promosi, komunikasi, pengembangan budaya, dakwah dan lainnya. Internet menjadi sebuah kebutuhan, yang mendekati pokok, pada saat ini.

Keberhasilan penggunaan internet sesuai tujuan ditentukan dengan adanya website/situs/web. Website berfungsi sebagai juru bicara seseorang dalam menyampaikan aspirasinya atau menyalurkan keinginannya di dunia maya. Website yang bagus akan menarik banyak pembaca, yang pada akhirnya misi atau tujuan yang diinginkan oleh pemilik website bisa tersampaikan kepada pembaca. Website merupakan kata kunci keberhasilan komunikasi di dunia maya.

(lebih…)

Tasawuf Progresif

Kajian tentang tasawuf memang mengasyikkan. Terdapat logika-logika yang berujung pada ketenangan hati. Banyak idealitas, terutama religi, ditemukan didalamnya. Dan, manfaat yang terpenting adalah recharge atau refresh otak. Muncul sebuah pencerahan, bahwa ada dunia lain dalam diri. Ada sudut dan sisi lain yang seringkali diabaikan, yakni sisi ilahiyah yang berupa manisnya interaksi dengan Tuhan.

Pengabaian aspek ilahiyah menyebabkan kegersangan batin. Pada kasus akut, menyebabkan kebekuan atau kematian hati. Efek langsung yang dapat dirasakan adalah ketidakhadiran hati dalam setiap langkah dan perbuatan. Hati, sebagai tempat nur ilahi, tidak mampu mendampingi setiap gerak (lebih…)

Penelitian Tindakan Kelas

Seseorang akan cepat berkembang jika ia sering muhasabah. Istilah lain dari kata ini adalah evaluasi. Hasil yang maksimal dalam evaluasi didapat dari analisa terhadap data-data valid, akurat, obyektif dan sedapat mungkin terlepas dari unsur ketidakjujuran. Untuk mencapai derajat tersebut, maka diperlukan sebuah penelitian. Hasil penelitian akan mendekati gambaran utuh sebuah kenyataan jika menggunakan metode, teknik, dan pengambilan sampling yang tepat. Dan, yang tidak kalah pentingnya, perlu dirumuskan tujuan penelitian agar tercipta kerangka teori yang menuntun seorang peneliti mencapai hasil yang diinginkan.

Penelitian bukanlah sesuatu yang memberatkan, apalagi jika hanya bertujuan untuk mengembangkan potensi diri. Tidak dibutuhkan rumus khusus untuk mengukur validitas dan reliablitias data. Yang (lebih…)

Autism is threatable

Anak bukanlah orang dewasa dalam ukuran mini. Mereka tetaplah anak, dengan segala kekurangan dan keterbatasannya. –Johan Amos Comenius.

Apakah anak anda Autis? Saya yakin reflek anda akan mengatakan ‘tidak’. Setiap orang pasti tidak mau anaknya disebut autis. Mengapa? Karena istilah autis selalu dikonotasikan dengan keterbelakangan mental, keterbatasan kemampuan fisik dan linguistik dalam merespon berbagai stimulus dari luar diri. Gambaran yang gamblang dapat kita lihat pada film Bruce Willis yang berjudul ‘Mercury Rising’. Dalam film itu Bruce Willis menyelamatkan seorang anak yang menderita autis, dan berusaha beradaptasi dengannya. Apakah  anak autis seperti itu? Jawabannya ‘ya’, tetapi tidak semua anak autis sama seperti yang digambarkan dalam film Mercury Rising.

(lebih…)

Anak Raja dan Tupai

Alkisah, terdapat sebuah negeri yang diperintah oleh seorang raja yang terkenal arif dan bijaksana. Raja itu memiliki hewan peliharaan yang sangat ia sukai, seekor kucing dan tupai. Raja tersebut dikaruniai sepasang anak, laki-laki dan perempuan, yang sangat ia sayangi. Sebagai bukti rasa sayang dan sukanya, ia selalu menggunakan waktu senggangnya untuk bermain dengan anak-anaknya, termasuk juga dengan kucing dan tupainya.

Suatu ketika sang raja, ditemani beberapa pengawalnya, berjalan-jalan keliling kota. Dengan menggunakan batik, ia menyamar sebagai rakyat biasa. Begitu juga keenam pengawalnya, sebagian berpakaian batik dan sisanya ber-kaos oblong. Tidak nampak sedikitpun tanda-tanda anggota kerajaan pada diri mereka. Dan, waktupun berjalan.

(lebih…)