Palu Ngataku

Setelah beberapa minggu aktif di lapangan, ada jeda sedikit waktu untuk posting kegiatan. Bencana Palu, Sigi dan Donggala benar-benar menyisakan banyak kisah. Beragam kisah pilu dan haru menghiasi wajah-wajah para korban bencana. Sungguh, tiada satupun kekuatan yang mampu menolak takdir Tuhan. Kami bersyukur diberi keselamatan oleh Allah SWT, dan mereka yang selamat juga bersyukur. Meskipun korban jiwa dan harta banyak di derita oleh masyarakat Pasigala, tetapi kehidupan haruslah tetap berlanjut. Maka dengan segenap tenaga yang tersisa, kami berusaha menghimpun kekuatan untuk membantu saudara-saudara kami korban gempa.Semoga apa yang telah kami lakukan pasca bencana, meskipun sedikit, memberikan manfaat kepada para korban bencana. Kita semua berharap agar Pasigala segera dapat bangkit dan pulih. Olehnya, mari saling membantu dan menolong sesama. Sekecil apapun yang kita berikan, akan sangat membantu dan berguna buat para korban.

  • Perumahan Balaroa yang porak poranda akibat gempa dan likuifaksi

 

Belajar Sejarah Tanah Kaili (bag.I)

Quote hari ini, “kita tidak akan dapat memahami siapa diri kita jika kita tidak mengetahui dari mana asal usul kita”.

Sejarah manusia muncul dari awal perkembangan manusia. Ia berputar bersamaan dengan perputaran hidup manusia. Sejarah merupakan cikal bakal kehidupan saat ini. Memahami kehidupan saat ini tanpa memahami sejarah ibarat orang buta memahami sebuah patung. Ia dapat merasakan setiap lekuk postur dan kontur patung, tetapi ia tidak akan dapat memahami alasan dari setiap lekuk kontur patung tersebut. Memahami sejarah menjadi penting karena dengannya kita dapat mengetahui alasan sebuah kejadian saat ini, bahkan mungkin saat yang akan datang.  (lebih…)

Quantum Teaching

Bicara tentang pendidikan di sekitar kita memang mengasyikkan. Banyak variabel bebas yang berkait erat dengan pendidikan. Sebut saja sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi proses pendidikan. Banyak hal yang dapat dimasukkan sebgai faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan, seperti: lingkungan keluarga, masyarakat, ekonomi, budaya, kecanggihan teknologi, agama dan semisal lainnya. Juga faktor motivasi, faktor sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, metode dan gaya mengajar,evaluasi, dan semisalnya. Jika mau dikelompokkan, faktor-faktor tersebut terkumpul dalam dua kategori besar, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Disamping itu, dapat juga dikelompokkan menjadi faktor fisik dan nonfisik. Dua faktor besar tersebut sangat mempengaruhi dalam keberhasilan proses pembelajaran. (lebih…)

Tawadlu’

Hari ini, menurut jadwal, mestinya saya membuat tulisan tentang pendidikan. Ingin hati mengetik, tapi pikiran ini tidak mau diajak kompromi untuk sejenak mengikuti tarian jari-jari. Walhasil, apa yang saya ketik ini hanya berupa jari-jari yang menari dengan tidak dilandasi pikiran utuh. Maka jikalau ada kekurangan, itu karena penulis sendiri, bukan atas nama Bumi Cendekia Ilmu.

Sebenarnya ada yang membuat pikiran ini berkecamuk, tidak ada permasalahan serius sebenarnya, Cuma dari tadi otak ini terputar-putar pada satu kata. “tawadhu’”. Sebuah kata yang selama ini diartikan sebagai tingkat kepatuhan seseorang kepada orang lain, bisa jadi kepada orang yang lebih tua, bisa juga kepada orang tua, bisa juga kepada teman sebaya yang memiliki kelebihan atau bisa juga kepada Guru. Di sisi lain, tawadhu’ seringkali juga diartikan sebagai totalitas kepatuhan (lebih…)

Pendidikan di Kota Palu

Kota Palu memiliki banyak mutiara pendidik yang telah berjuang memerdekakan masyarakat Sulawesi Tengah dari Buta Aksara, baik Al Quran maupun latin. Para tokoh pendidikan tersebut menyebarkan pendidikan melalui berbagai cara seperti dakwah, halaqah, pesantren dan madrasah. Khusus penyebaran pendidikan melalui madrasah, terkenal seorang tokoh pendidikan di Palu yang bernama Sayyid Idrus bin Salim AlJufrie, atau yang terkenal dengan sebutan GURU TUA. Beliau salah seorang ulama Hadramai yang menyebarkan pendidikan sejak tahun 1930 melalui madrasah AlKhairaat. Guru Tua merupakan pendiri sekaligus penyebar pendidikan Islam di Sulawesi Tengah.

(lebih…)